Aptri Blora Sambut Baik, Dirut Bulog Akan Benahi Menejemen GMM

Liputan : Redaksi

JAKARTA,Sapujagat.Net : Tak sia-sia perjuangan Pengurus APTRI (Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia) Blora ‘ngluruk’ Jakarta untuk bertemu dengan Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurthi. Orang nomor satu di Badan urusan logistik negara itu, merespon positif ‘curhatan’ pengurus APTRI Blora, termasuk segera membenahi manajemen PT GMM.

”Alhamdulilah, Pak Bayu Krisna merespon baik, semua masukan Pengurus APTRI Blora. Termasuk akan mencarikan pimpinan yang memiliki kapasitas untuk mengelola pabrik sebesar GMM yang paham of farm ataupun on farm, ” tandas Anton Sudibyo bendahara APTRI Blora yang ikut mendampingi pengurus Aptri bertemu Dirut Bulog di Jakarta (Jumat 28/6/2024)

Anton Sudibyo menunjukan kenang-kenangan Foto dokumentasi Pendirian PG PT GMM dimana Bayu Krisnamurthi terlibat di dalamnya.

Sebagaimana diketahui Pengurus APTRI Blora yang dipimpin oleh Sunoto dan dibersamai Bupati Blora Arief Rohman, akhirnya bisa bertemu langsung dengan Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi di Kantornya Jalan Jend. Gatot Subroto Kav. 49, Jakarta Selatan Jumat (28/6/2024) kemarin.

Pertemuannya dengan orang nomor satu di Badan Urusan Logistik negara itu sebagaimana yang diungkapkan Sunoto sebagai tindak lanjut pertemuannya dengan menejemen PG GMM di Blora yang tidak membawa hasil sebagaimana yang diharapkan APTRI.

Seperti diketahui yang ingin diperjuangkan APTRI ke PG PT. GMM adalah soal kemitraan standart antara petani yang tergabung dalam wadah APTRI dengan pabrikan sebagai mitra. Dalam kemitraan standart itu juga meliputi KOSATE (Komunitas Desa Tebu), Program KKDe (GMM sebagai Avalist), perluasan lahandan pupuk bersubsidi.

Anton Sudibyo menjelaskan semua ‘curhatan’ pengurus APTRI Blora itu, direspon sangat baik oleh Dirut Bulog. Tokoh yang terlibat pendirian PG GMM itu juga berjanji segera menindaklanjuti masukan APTRI Blora tersebut sesuai kewenangnya.

“Misalnya yang berhubungan dengan CSR, kalau GMM gak punya CSR akan diambilkan dari CSR Bulog.Yang berhubungan dengan perluasan lahan akan langsung memfasilitasi dengan Dirjen Perkebunan dan kehutanan. Yang berhubungan dengan permodalan akan membantu akses perbangkan dan menjadi avalis, ”terang Anton.

Demikian pula masalah pupuk dan bibit akan di carikan melalui jaringan Bulog sehingga bisa menjadikan APTRI bisa teta solid dengan Tripatrit yakni pabrikan, petani yang bergabung dalam APTRI dan pemerintah daerah

.Sementara terkait usulan perombakan menejemen PG GMM yang juga dituntut oleh pengurus APTRI ditambahkan Anton, itu menjadi kewenangan Dirut Bulog. “Pak Bayu mengatakan akan mencarikan solusi dengan sungguh sungguh agar pabrik bisa berjalan lancar karena GMM adalah pabrik moderent yang di banggakan pemerintah, ” jelasnya

Pembenahan Menejemen GMM

”Pokoknya akan dicarikan pimpinan yang memiliki kapasitas untuk mengelola pabrik sebesar GMM yang paham of farm ataupun on farm, ” tambah Anton.

Terhadap apa yang disampaikan oleh Dirut Bulog, pengurus APTRI Blora mengaku lega. Khususnya terhadap permintaan agar managament pabrik di perbaiki dan dicarikan orang yang cakap dan amanah serta bersinergi dengan Petani yangg bergabung dlm APTRI Agar Blora bisa menjadi kiblat pergulaannasional dan bisa tembus rendemen 2 digit.

Sedang Bupati Blora yang ikut membersamai Pengurus APTRI bertemu dengan Pimpinan Bulog pusat itu mengatakan, ia juga ikut senang bisa ikut mencarikan solusi terkait persoalan PG GMM di Blora.

Politikus PKB itu semaksimal mungkin akan membantu mencari solusi agar pabrik gula di Blora bisa membuat petani tebu gumuyu dan pabrik bisa berdiri kokoh, bisa giling lancar seperti di awal awal pabrik berdiri yang bisa tembus redement dua digit, seperti di era pimpinan Pak Rahmad Pambudi.

Pengurus APTRI Blora yang ikut mendampingi Ketua Sunoto adalah Bambang Sulis (Dewan Penasehat) Wahyu (Sekretaris), Anton (Bendahara), Joko dan Mulyanto (ketua Bidang). Sedang turut mendampingi Dirut Bulog, Dirut GMM Ikhsan dan Sri Emilia Mudiyanti Direktur Keuangan & SDM. (01)

Editor : @bangsacarita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *